Selasa, 04 Mei 2010

Akhir Persahabatan Abadi (Febriani K. X-2)

Gina, Shiera, Via, Fira dan Elsa mereka bersahabat sejak kecil, emm....bisa dibilang dari TK. Mereka tidak pernah terpisahkan oleh apapun, yaah....mereka sangat menjaga persahabatan mereka. Dari TK sampai SD mereka selalu bersama dan satu sekolahan.
***
Banyak yang bilang kalau mereka itu...
Regina Putri Pratama (Gina) : orangnya cantik, pemalu, dia paling
pintar diantara mereka dan selalu menjadi juara kelas,
tapi dia mudah tersinggung dan mudah terpengaruh
Shiera Alvina Fauzia (Shiera) : Dia cerewet gak bisa berhenti ngomong, suka ceplas-
ceplos, biang gossip diantara mereka, kalau gak ada shiera
kayanya persahabatan mereka gakan rame.
Silvia Eliani (Via) : Via menarik, suka dandan, tapi dia agak keras kepala,
dan...dia punya cinta terpendam sejak dia SD.
Shafira Riyanti Nafisa (Fira) : Fira itu orangnya cuek, gak pernah merhatiin
penampilannya sendiri, tapi dia baik, dan suka ngasih
solusi sama temennya yang lain.
Elsa Lethisa (Elsa) : Dia tomboy, meskipun dia tomboy, dia punya hati yang
lembut, dia pandai menyimpan rahasia.
***
Ujian sekolah semakin dekat, mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian dan memilih SMP yang bagus.
***
Huft.....Akhirnya ujian telah selesai, dan mereka lulus dengan peringkat yang cukup bagus, dan juga...mereka masuk SMP yang cukup terkenal, tentunya SMP itu SMP yang mereka idam-idamkan.
***
Hari pertama masuk SMP
Seperti biasa Shiera yang paling awal datang ke rumah Gina, sementara yang lain belum datang. Karena rumah Gina itu bisa dibilang “basecamp” mereka, jadi kalau mau berangkat sekolah mereka berkumpul dulu di rumah Gina .
Shiera : “Ginaaa.....Ginaaaa”
Gina : “Iya Ra, bentar aku nyari buku dulu”. (di dalam rumah)
Gina : “Semangat banget kamu Ra, pagi-pagi udah datang, yang lain aja belum
Datang”.
Shiera : “Harus donk!! Ini kan hari pertama masuk SMP, hari pertama kita memulai
kisah baru...hehe”.
Gina : “Benar juga, kamu Ra. Aku berharap selama di SMP kita gakan terpisahkan”.
Shiera : “Amiennnnnn.......”.
Via, Fira, Elsa : “Hai......teman-teman!”.
Gina : “Kalian ini, meskipun udah SMP masih aja kesiangan”.
Fira : “Maaf,,maaf tadi aku ma Elsa nungguin Via dulu”.
Shiera : “Udahlah sekarang kita berangkat, udah siang nih!
Kan gak lucu kalau hari ini kita kesiangan, masa hari pertama udah telat”.

Setelah semuanya berkumpul, mereka segera berangkat, di sepanjang jalan mereka terus ngobrol, gak bisa berhenti.
***
Sesampainya di sekolah
Mereka kelihatannya gugup sekali, yaaa....jelaslah itu kan hari pertama mereka menghadapi hal baru.
Setelah selesai upacara, kepala sekolah mengumumkan pembagian kelas dari mulai kelas 7A sampai 7J.
Dan.....hasilnya adalah....
Gina di kelas 7C, Via, Fira dan Elsa sekelas di kelas 7D, sedangkan Shiera dikelas 7J.
Sepertinya mereka sedikit kecewa dengan keputusan itu.....
Shiera : “yaaah…..kita gak sekelas”.
Via : “Untung Fira dan Elsa sekelas sama aku”.
Shiera : “Kamu enak Vi, sekelas sama Elsa dan Fira, trus kelasnya deket lagi sama Gina”.
Elsa : “Jangan gitu donk Ra, meskipun gak sekelas tapi kita tetep akan sama-sama”.
Fira : “Ia Ra, jangan sedih donk!”.
Gina : “kita ucapin janji kita yuu....!!”.
Semua : “kita takan terpisahkan oleh apapun, hanya maut yang akan memisahkan kita,
dan tak ada yang bisa gantiin kalian, selamanya kita sahabat”.
***
Sudah hampir satu tahun mereka tidak sekelas, tapi persahabatan mereka baik-baik aja, dan mereka tetap bersama. Suatu hari Via bercerita, kalau Via suka sama cowo, dan ternyata cowo itu adalah “RAMA” teman SD mereka. Memang sih dari SD Via deket sama Rama dan dari SD juga Via suka sama Rama. Jelaslah kalau Via suka sama Rama, Rama kan cakep, udah gitu...pintar dan Rama juga baik. Setiap hari Via selalu memikirkan dan memuja-muja Rama, Via selalu cerita sama teman-temannya kalau Via ingin sekali memiliki Rama. Gina dan yang lainnya ingin sekali membantu Via, mereka berencana akan menyatukan Via dengan Rama. Kebetulan Rama itu anak basket dan Elsa juga anak basket. Elsa membujuk Rama untuk pulang bareng sama teman-temannya, dan akhirnya Rama pun mau. Sepulang sekolah mereka pulang bareng sama Rama dan naik di angkot yang sama. Gina duduk dekat Via, sementara mereka berdua sedang asik ngobrol, yang lainnya nyuruh Rama untuk duduk dekat Via. Eh…..Rama malah duduk dekat Gina.

“Kenapa Rama duduk dekat aku? Terus dari tadi Rama ngeliatin aku terus, senyum-senyum lagi. Apa Rama suka sama aku? Ah….jangan keGR-an Gin, mana mungkin Rama suka sama aku, aku juga gak mungkin suka sama Rama. Tapi aku kesel sama tingkahnya Rama yang aneh kaya gini, aku gak enak sama Via, yang lainnya juga pada ngeliatin aku….aduh….gimana nih?”. (Gumam Gina dalam hati).
***
Tidak terasa satu tahun telah berlalu, mereka telah naik ke kelas 8, kata orang sih kelas 8 itu masa coba-coba, tapi kayanya enggak buat mereka. Anak-anak yang lain ada yang so berkuasa karena mereka ngerasa udah jadi kakak kelas, penampilannya yang aneh-anehlah, banyak ngelanggar aturan. Tapi mereka enggak berubah tetep kaya dulu dan persahabatan mereka juga tetep kaya dulu.
Gina sekelas sama Elsa di kelas 8G, Via dikelas 8C, Fira dikelas 8I, dan Shiera di kelas 8F. Kali ini mereka tidak kecewa, karena mereka udah terbiasa nggak sekelas. Emmm...Via kelihatannya seneng banget, karena Rama sekelas sama Shiera, jadi Via bisa nanya-nanya sama Shiera tentang Rama.
Dari kelas 7 Gina ngerasa selalu diganggu sama cowo yang namanya Valdi yang juga salah satu sahabatnya Rama, sampai-sampai Gina pernah dipermalukan dihadapan teman sekelasnya, menurut orang Valdi itu cowo paling keren di sekolah, tapi menurut Gina Valdi itu cowo paling nyebelin yang pernah Gina temui, jelaslah Gina sering dijailin sama Valdi. Sampai kelas 8 pun Gina masih sering dijailin sama Valdi, apalagi...kelas Valdi tetanggaan sama Gina, Valdi kelas 8F. Semakin hari kelakuan Valdi selalu bikin Gina marah dan tambah benci sama Valdi. Sampai suatu hari Valdi meminta maaf sama Gina, tapi Gina gak mau maafin dia. Ternyata Valdi itu suka sama Gina. Gina akhirnya mau memaafkan Valdi, dan Gina ngerasa gak percaya kalau Valdi suka sama Gina.
***
(Di kantin sekolah).
Shiera :”ehm,,ehm..da salam dari Valdi tuh buat kamu Gin”.
Gina :”apa sih Ra, jangan suka ngegosip deh!”.
Elsa :”ini bukan gosip, anak-anak satu sekolahan ini pada tau kalau Valdi si playboy
itu suka sama kamu”.
Gina :”Valdi tu nyebelin ii..malu-maluin aku aja”.
Fira :”malu-maluin kenapa?”.
Via :”harusnya kamu bangga donk cowo sekeren Valdi suka sama kamu”.
Gina :”aku gak enak Vi sama Icha, aku tau kalau Icha itu suka banget sama Valdi, Icha
kan cantik, sementara aku.....”.
Shiera :”halah kamu, hal kaya gitu ja dipikirin. Kamu tu cantik Gina..”.
Gina :”tapi kan Icha cewe tercantik di sekolahan ini, ntar kalau orang pada ngomongin
aku gimana?”.
Elsa :”emang orang mo ngomongin apa?”.
Gina :”masa Valdi suka sama Gina sih…apa Valdi rabun gak bisa ngebedain cewe
cantik sama cewe jelek. Pasti ada yang ngomong kaya gitu”.
Fira :”Gina denger ya kamu tu cantik...makanya Valdi suka sama kamu”.
Via :”ia Gin..kamu gak boleh kaya gitu donk!”.
(Bel masuk pun berbunyi...dan mereka pergi ke kelas masing-masing).
Gina masih bingung dengan kata-kata Valdi kalau Valdi itu suka sama Gina, Gina takut kalau Valdi ngecewain Gina, dan hanya mempermainkan Gina. Setau Gina Valdi itu cowo yang suka nyakitin cewe. Tapi diam-diam Gina mulai menyukai Valdi, gak tau kenapa Gina ngerasa kalau Gina itu suka sama Valdi, padahal kan Gina benci banget sama Valdi.
Setiap hari pasti Valdi ngasih salam buat Gina, tapi Gina Cuma membalasnya dengan senyuman, Gina mulai merasa kalau Valdi itu beneran suka sama Gina, dan kayanya gak main-main. Gina semakin menyukai Valdi, Valdi itu bagaikan cinta pertama buat Gina, dia gak bisa ngelupain Valdi sedetik pun setiap hari Gina merenung dan memikirkan Valdi, Gina jadi bersemangat sekolah, kalau sekolah libur Gina ngerasa sedih banget, karena Gina gak bisa ngeliat Valdi, rasanya Gina ingin sekali Valdi berada didekatnya setiap saat. Entah mengapa Gina yang awalnya benci sama Valdi tiba-tiba tergila-gila sama Valdi. Valdi selalu mengajak Gina untuk ngobrol berdua, tapi Gina tidak pernah mau. Ternyata apa yang dirasakan Gina tidak sama dengan apa yang diucapkannya, Gina selalu bilang kalau dia benci sama Valdi dan tidak pernah menyukai Valdi. Teman-temannya pun tidak pernah tau kalau Gina suka sama Valdi.
Sampai suatu hari Valdi menyatakan perasaannya secara langsung pada Gina, pada saat itu Gina mau diajak ngobrol berdua sama Valdi. Tapi......Gina menolak Valdi, gak tau kenapa Gina mengatakan hal itu, padahal Gina juga suka sama Valdi, Gina berlari pergi meninggalkan Valdi, dan tanpa terasa Gina meneteskan air mata dan menangis. Sementara Valdi meluapkan kekecewaannya itu dengan mengobrak-abrik kelasnya, dengan penuh kesal Valdi menendang apapun yang ada disekelilingnya, dengan menyebut-nyebut nama Gina dengan kesal. Gina pun melihat hal itu, Gina gak bermaksud untuk mengecewakan Valdi, tapi ada satu hal yang tidak bisa diceritakan oleh Gina kenapa Gina menolak Valdi.Gina gak mau kalau harus menjalani hubungan dengan Valdi, Gina ingin terus mengagumi Valdi, karna Gina gak mau kalau nanti pacaran putus dengan Valdi, Gina ingin Valdi seperti dulu. Saat itu Gina terus menangis, Gina gak mau hal itu terjadi, Gina sangat mencintai Valdi dan Gina ngerasa udah nyakitin Valdi.
Setelah kejadian itu Gina gak mau melihat Valdi lagi, karena setiap ngeliat Valdi pasti Gina akan menangis, hmmm.....dan ternyata setelah ditolak Gina Valdi menyukai temen deketnya Gina dikelas, Gina tambah sedih mendengar hal itu. Tapi Gina gak mau berlama-lama larut dalam kesedihan itu, toh masih banyak hal penting lain yang harus dipikirkan, tiba-tiba Gina teringat akan suatu hal yang sampai sekarang belum tercapai, yaitu....menyatukan Rama dengan Via. Via udah gak bisa mendam perasaannya itu, sampai-sampai Via pernah ngomong sama Rama kalau dia itu suka sama Rama tanpa sepengetahuan teman-temannya. Tapi....Rama menyukai cewe lain. Via sangat sedih mendengar hal itu, tapi Via gak pernah nyerah buat dapetin Rama.
Elsa membicarakan hal penting kepada Gina, kalau Rama meminta nomor HP milik Gina, tapi Gina melarang Elsa untuk memberikan nomor HP-nya pada Rama, karena Gina tidak ingin ada kesalahpahaman dengan Via.
Suatu hari Gina mendapatkan sms dari nomor yang tidak Gina kenal, Gina menghiraukan sms itu, setiap hari selalu ada sms dari nomor itu, kemudian Gina tau kalau nomor itu adalah nomornya Rama, Rama mengetahui nomor Gina dari teman Gina. Rama sering meng-sms Gina dan Rama pernah bilang kalau Dia suka sama Gina, Gina merasa bingung dan gak enak sama Via. Akhirnya Gina menceritakan hal itu pada Shiera, Fira, dan Elsa tanpa memberitahu Via, karena Gina tidak ingin menyakiti Via.
Semakin hari Gina merasa bingung dengan sikap Rama, dan Gina merasa serba salah dengan teman-temannya, Gina selalu bercerita kepada Elsa mengenai hal itu, karena Gina merasa kalau Elsa orang yang sangat dia percaya. Gina tidak pernah berani memberitahu Via mengenai hal itu, karena Gina tau sifat Via kaya gimana.
***
Saat Gina bertemu dengan Via di depan kelas Gina, seperti biasa Gina menyapa Via dengan penuh gembira, tapi...setelah Gina mengatakan hai pada Via, Via malah membalasnya dengan memalingkan mukanya dengan judes seakan-akan Via tidak mau mengenal Gina lagi, Gina sedih melihat sifat Via yang seperti itu, Gina berpikir kalau Via telah mengetahui hal yang selama ini Gina rahasiakan. Sesampainya di kelas Gina menceritakan semuanya pada Elsa, dan Elsa pun mencari tau darimana Via mengetahui hal itu, karena setau Elsa tidak ada orang yang mengetahui hal itu selain Fira, Shiera dan Rama sendiri. Akhirnya Elsa menemukan jawaban dari teka-teki itu, ternyata Shiera telah menceritakan semuanya pada Via. Persahabatan mereka semakin jauh, karena Via tidak mau lagi berkumpul dengan teman-temannya, karena Via merasa kecewa dengan Gina, padahal Gina mau ngejelasin semuanya tapi Via gak pernah mau ngobrol lagi sama Gina. Gina marah pada Shiera karena telah menceritakan semuanya pada Via, dan Gina mengetahui alasan kenapa Shiera menceritakan hal itu pada Via, ternyata Shiera juga menyukai Rama.
Gina merasa kalau persahabatan mereka berakhir sampai disini, karena semuanya sudah tidak bisa menyatu seperti dulu lagi, Via, Gina dan Shiera bermusuhan gara-gara Rama, padahal Gina gak mau musuhan sama mereka dan Gina sama sekali tidak menyukai Rama, tapi mereka tidak pernah mau mendengar penjelasan dari Gina, Via dan Shiera bersekutu, sementara Gina merasa bersalah karena Gina yang udah menyebabkan persahabatan mereka hancur, Elsa dan Fira merasa bingung, mereka menyayangi Gina, Via dan Shiera mereka tidak bisa menjelaskan semuanya karena sifat Via yang keras kepala, akhirnya mereka berdua bersekutu, tapi mereka tidak pernah memusuhi siapapun diantara mereka. Gina yang merasa sendiri tidak pernah menyangka hal ini akan terjadi. Rama tetep aja ngejar-ngejar Gina, karena Rama tidak tau kalau persabatan Gina hancur gara-gara Rama.
Dikelasnya Gina mendapatkan teman-teman yang menurut Gina baik, mereka adalah Novia, Tania, dan Dinda. Gina seperti mendapatkan pengganti sahabat, dan Gina pun menceritakan semua hal yang membuat Gina bermusuhan dengan teman-temannya. Dan teman-temannya itu menyarankan agar Gina menerima Rama sebagai pacarnya, tapi Gina tidak pernah mencintai Rama sedikit pun. Gina yang mudah terpengaruh merasa tidak mempunyai siapa-siapa lagi, Gina merubah penampilannya seperti Novia, Tania dan Dinda karena mereka itu cewe-cewe centil dan cantik-cantik, Gina yang awalnya cewe biasa-biasa menjadi cewe yang luar biasa, Elsa dan Fira merasa risih dengan sifat Gina yang seperti itu, dan mereka pun tidak terlalu akrab lagi dengan Gina. Finally..it happened..Gina dan Rama jadian?? Elsa dan Fira tidak percaya kalau Gina bisa menerima Rama sebagai pacarnya, Gina menerima Rama dengan alasan Gina ingin balas dendam sama Via, karena Via lah yang udah ngerusak persahabatan mereka, Elsa dan Fira tidak bisa melarang Gina.
Sebenarnya Gina merasa apa yang telah ia lakukan itu salah, Gina udah nyakitin banyak orang termasuk Valdi, karena Valdi adalah teman deketnya Rama, dan Gina pun tidak pernah menyukai Rama. Tapi hubungan mereka berlangsung lama hampir 10 bulan mereka hidup dalam satu ikatan sebagai pacar. Tapi selama itu Gina tidak pernah mau diajak pacaran sama Rama, jangankan pacaran ngobrol aja belum pernah, Gina melakukan hal itu karena Gina teringat akan Via dan Shiera, meskipun mereka musuhan, tapi Via dan Shiera pernah mewarnai kehidupan Gina selama kurang lebih 9 tahun.
***
Suatu hari sepulang sekolah, Gina pulang berdua dengan Novia, dan tak sengaja bertemu dengan seorang perempuan yang bernama Shelvy, Shelvy bertanya pada Gina.
Shelvy :”maaf boleh nanya, kamu anak SMP Global Mandiri?”.
Gina :”ia. Emang kenapa?”.
Shelvy :”kalau boleh tau kelas berapa?”
Gina :”kelas 8”.
Shelvy :”8 apa?”.
Gina :”8G”.
Entah kenapa Gina merasa gak enak hati ketika berbicara dengan perempuan itu.
Tiba-tiba perempuan itu menanyakan....
Shelvy :”kenal sama Rama gak kelas 8F?”
Gina :(menjawab dengan tenang) “kenal”.
Shelvy :”boleh minta tolong gak?”.
Gina :”minta tolong apa?”
Shelvy :”maaf sebelumnya, tolong bilangin ke Rama nanti hari minggu maen ke rumah
Shelvy, dan salam dari Shelvy,maaf ya aku nyuruh”.
Gina :”emang kamu siapanya Rama?” (agak sedikit kesal)
Shelvy :”saya pacarnya Rama”.
Dengan polosnya perempuan itu menjawab kalau dia pacarnya Rama, Gina gak ngerti dengan semua ini. Tiba-tiba Novia menjawab dengan nada yang sangat marah.
Novia :”heh...ngomong yang bener donk, jangan asal ngaku, pacarnya Rama tu ini
(sambil menunjuk pada Gina)”.
Shelvy pun terkejut mendengar hal itu karena Shelvy tidak mengetahui kalau Gina itu pacarnya Rama, dan Shelvy pun segera meminta maaf, Gina pun memaafkan Shelvy dan berniat akan memutuskan Rama, Rama bilang pada Shelvy kalau Shelvy itu “Cinta Pertamanya Rama dan Rama tidak pernah pacaran sebelumnya”. Saat itu Gina merasa sangat kesal pada Rama, dan Gina pun sadar ternyata Rama itu cowo brengsek, Rama udah ngecewain Gina dan Rama udah hancurin persahabatan Gina, Gina menyesal akan apa yang telah terjadi kepadanya, tapi Gina merasa lega karena yang disakitin itu Gina bukan Via, kalau misalkan Via yang disakitin Rama pasti Via sedih banget, soalnya Via sangat mencintai Rama, tapi Gina gak pernah sakit hati kalau Rama nge-2in Gina, karena Gina juga nge-4in Rama. Yang Gina sesalkan adalah kehilangan sahabat-sahabat terbaiknya untuk selamanya, sampai sekarang Gina tidak pernah berbaikian dengan Via ataupun Shiera. Tapi kalau Elsa dan Fira masih agak deket sama Gina walaupun gak sedeket dulu. Lebaran sudah terlewat beberapa kali, tapi Via dan Shiera tidak pernah maaf-maafan sama Gina. Begitulah akhir persahabatan mereka.

Oleh : Febriani K.

1 komentar:

HappyBoyz_Royz mengatakan...

hmm... gudgudgud...

cerita yang bagussssss !!!
namun ada beberapa kekurangan..
- kamu seolah-olah terlalu memaksakan untuk memperpendek cerita ini, mungkin kalau diperbanyak dialog akan mampu menjadikan cerpen ini lebih menarik..
tingkatkan !!!!

Posting Komentar